04 Maret 2009

Apa saja yang harus saya siapkan untuk membuat web site?

Jika anda hendak memasak, apa saja yang harus anda siapkan? Tentu tergantung jenis masakannya! Membuat web site tidak jauh beda. Apa yang harus anda siapkan tergantung dari tujuan pembuatan web site.
Jika anda hendak memasak, apa saja yang harus anda siapkan? Tentu tergantung jenis masakannya! Kalau anda hendak membuat mie goreng, mungkin anda akan menyiapkan mie, minyak goreng, sayur, ayam, lain-lain. Anda juga butuh wajan untuk menggoreng. Kalau hendak membuat soto ayam, anda tidak perlu mie dan minyak goreng. Anda juga menggunakan panci, bukan wajan, untuk memasak soto. Namun untuk hampir semua jenis masakan, anda memerlukan garam, dan juga kompor!

Membuat web site tidak jauh beda. Apa yang harus anda siapkan tergantung dari tujuan pembuatan web site. Jika anda menginginkan web site berfungsi sebagai tempat untuk transaksi, misalnya toko buku online, maka anda harus menyiapkan daftar harga, rekening bank untuk menerima pembayaran, tabel ongkos kirim, atau bahkan software yang terintegrasi agar stok bisa ter-update setiap saat. Jika anda menginginkan web site berfungsi sebagai katalog produk online, maka anda harus menyiapkan foto-foto produk, spesifikasi produk, dan sebagainya. Namun pada intinya, hampir semua web site juga memerlukan ‘garam’ berupa foto-foto dan penjelasan mengenai bidang kerja, serta ‘kompor’ berupa layanan hosting dan domain.

Foto-foto
Foto-foto yang harus disiapkan adalah foto produk yang ingin ditampilkan (untuk perusahaan barang) atau fasilitas yang dijadikan unggulan (untuk perusahaan jasa). Sebagai pelengkap, diperlukan juga foto-foto pendukung, misalnya untuk menunjukkan eksterior kantor. suasana kerja, dan sebagainya.
Semakin banyak foto yang disiapkan, semakin bagus. Walaupun nantinya tidak semua foto dimuat, akan lebih baik jika anda memberikan foto sebanyak-banyaknya pada desainer web. Jumlah foto mempengaruhi kualitas web site yang dibuat, karena dengan semakin banyaknya pilihan foto, desainer web akan semakin leluasa memilih foto yang cocok dengan konsep desain yang dibuat. Jika jumlah foto terbatas, desainer web terpaksa mengkompromikan konsep desain dengan foto yang tersedia, sehingga kadangkala desain terasa sedikit ‘memaksa’.

Penjelasan mengenai bidang kerja
Tulisan yang berisi penjelasan mengenai bidang kerja serta penjelasan lain yang terkait juga harus disiapkan. Bagaimanapun, andalah yang paling mengerti mengenai produk dan layanan anda, dan bukan desainer web. Desainer web tidak mungkin mempunyai ‘product knowledge’ sebaik anda.
Jika anda sudah pernah membuat company profile, brosur, atau publikasi lainnya, akan lebih baik jika disertakan bersamaan dengan materi lainnya.

Hosting
Agar web site dapat diakses, maka file-file yang dibuat harus tersedia di komputer yang on dan terhubung ke internet selama 24 jam dengan kecepatan tinggi. Menyediakan sendiri komputer seperti itu akan sangat memakan biaya karena biaya hardware dan biaya koneksi internet berkecepatan tinggi selama 24 jam. Untuk itu dibutuhkan layanan hosting, yang tak lain adalah layanan penyewaan komputer yang on dan terhubung ke internet selama 24 jam dengan kecepatan tinggi.

Domain
Domain adalah alamat internet untuk mengakses web site anda (misalnya: www.kamu
asu.com). Lebih lanjut mengenai domain dapat anda baca di artikel lainnya.
Di luar ‘garam’ dan ‘kompor’ di atas, anda sendiri yang tahu materi apa saja yang tepat untuk dipublikasikan kepada pengunjung agar web site memperoleh hasil yang maksimal dan tidak sekedar ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar