04 Maret 2009

Peng-Gayaan dalam karya desain komunikasi visual.

Hati-hati dalam menggunakan suatu gaya! Gambar/image yang hanya fashionable dan muncul dari peniruan dari suatu gaya yang terdapat dalam sejarah tidak memiliki integritas (kejujuran). Gaya visual yang valid (sah) adalah hasil kerja keras dalam komunikasi visual. Perkembangan dari gaya grafis yang unik muncul dari kerja keras dari serangkaian pencarian gagasan.

Art Noveau
Menghindari peniruan : inspirasi berasal dari bentuk yang mengalir dan berpilin dari tanaman, anggur, daun, bunga. Penekanana pada dekorasi permukaan, ornament. Asal mula poster dinilai sebagai bentuk seni. Illustrasi, jenis huruf, ornament menjadi gagasan grafis di masa selanjutnya. Desainernya adalah Beardsley, Toulouse-Lautrec.

Cubism
Pemutusan total dengan presentasi (perwujudan) gambar. Fragmentasi (pemecahan), sudut pandang yang banyak, kolase, jenis huruf sebagai elemen visual. Desainer: Picasso dan Braque

Futurism
Integrasi (penggabungan) cubism dan gerak. Elemen mesin dan kinematik (berhubungan dengan gerak) sebagai elemen desain. Perubahan waktu dalam bentuk visual menyerupai fotografi strobo. Desainer/seniman: Duchamp, Boccioni.

Dada
Menanyakan “apakah seni”. Memperluas gagasan seni. Menggunakan humor, metamorfosis, dan nilai yang mengagetkan sebagai elemen komunikasi. Eksperimen tipografis. Duchamp, Man-Ray

Surealism
Gambar ilustratif yang berasal dari alam bawah sadar. Bentuk visual dari mimpi. Sangat dipengaruhi Sigmund Freud. Illustrasi misterius dan fotografi misterius, kelanjutan dari dada. Tokohnya: Dali, Magritte, Esche.

Constructivism
Gabungan kata dan gambar sebagai pengalaman visual yang terjadi secara serentak. Fotogram, foto-montase-superimposisi (saling bertumpuk), focus yang berlainan, tipografi konkrit. Poster inovatif sebagai alat untuk komunikasi revolusioner. Lissitzky, Malevich.

Art Deco
Ornamen dan dekorasi permukaan berasal dari konsep Art-Noveau tapi memakai bentuk geometris dan mesin. Kadang-kadang berkilauan. Tipografi hias, border, (bagian tepi, bingkai) sudut. Cassandre, Held.

De Stijl
Pembagian ruang yang tepat, sederhana, bentuk dasar, warna primer, tipografi asimetris. Konsep metafisik secara radikal mengubah bidang/lembar cetakan. (Kebanyakan) mempengaruhi Bauhaus, International Style, dan “Swiss Graphic”. Mondrian, Van Does.

Bauhaus
Tempat, sekolah, gagasan yang berhubungan dengan hubungan kreatif antara seni dan teknologi. Perluasan Constructivism dan De Stijl. Ide untuk semua aspek komunikasi visual. Fotografi inovatif. Lahirnya desain professional. Integritas dari arsitektur, desain produk, seni murni, kriya, teater, fotografi, dan desain grafis. Dasar dari metodologi (cara) pengajaran desain. Fungsionalisme, salingt bertalian, seperangkat filosofi desain untuk “International Style”. Bayer, Moholy-Nagy, Klee, Albers.

Abstarct Expressionism
Seni action (tindakan). Bentuk berasal dari tindakan membuat seni. Berasal dari Amerika. Bentuk-bentuk dan gambar misterius. Sedikit pengaruhnya pada desain grafis. Pollack, Kline, Diebenkorn.

Pop Art
Bentuk yang berasal dari (kemasan) desain grafis kemasan, tanda, billboard, iklan, tehnik reproduksi komersial. Perluasan subyek seni. John, Rauchenberg, Warhol.

Op Art
Ilusi, bidang warna, optic, gestalt sebagai subyek seni. Grid yang kuat, diagram. Berhubungan dengan psikologi warna. Poster, Riley, Vasarely.

Computer
Seni melalui program bahasa matematis. Seni yang terbuat dari garis dan bintik yang dibuat mesin. Ilustratif, tipografis, potensial. Berakar pada industri. Franke, Mohr.

Psychedelic
Berasal dari San Fransisko. Berakar pada obat bius, protes, musik rock. Oleh “non-desainer”. Penyatuan huruf/ilustrasi/foto/warna komplemen, poster, terpengaruh Art Nouveau, Wilson, Moscoso.

Minimalism
Perhatian besar terhadap ruang 2 dimensi dan 3 dimensi dengan elemen desain yang sangat sedikit (jarang). Grid, matematis. “Less is more”, intelektual, abstrak, stuktural. Judd,Kelly.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar