04 Maret 2009

Ciptakan Trust di Otak Bawah Sadar

Tiga alasan kenapa Estetika penting dalam pemasaran. Pertama, karena estetika dapat membuka jalan bagi terbangunnya loyalitas konsumen. Kedua, estetika bisa menjadi alasan bagi perusahaan untuk menetapkan premium price. Dan yang ketiga, estetika juga menjadi differentiator yang semakin penting di tengah persaingan merek yang kian ketat.

Karena semakin strategisnya peran estetika ini, kini banyak merek yang mulai secara sistematis menjalankan aesthetic strategy sebagai upaya untuk merebut dan menguasai benak konsumen. Disinilah mulai terasa pentingnya peran para kreator.

Profesi di bidang kreatif saat ini sangat dibutuhkan, mulai dari graphic designer, web designer, illustrator, photographer, event organizer, dll. Tapi ironisnya, walaupun para kreator ini hebat dalam berkarya, mereka rata-rata tidak mahir 'jual diri' sehingga sedikit yang berhasil menjadi entrepreneur di industri kreatif ini.

Konsep kreatif yang hebat belum tentu diterima atau dihargai tinggi oleh klien, menjual jasa memang beda dengan menjual barang, karena jasa merupakan sesuatu yang intangible. Bahkan bila dibanding dengan jenis jasa lainnya, menjual jasa kreatif lebih sulit karena sifatnya sangat situasional. Kenyataannya ada logo yang hanya dihargai beberapa ratus ribu, tapi ada juga yang dapat menjual hingga puluhan juta atau bahkan ratusan juta.

Tidak perlu lama
Membangun kepercayaan klien sebaiknya tidak hanya secara cognitive, banyak kreator yang mengandalkan pemaparan konsep secara comprehensive dalam upaya menggolkan proyek. Tapi akan lebih efektif bila menciptakan trust di otak bawah sadar terlebih dahulu, selanjutnya presentasi di hadapan klien ibarat mengeksekusi umpan bola yang cantik. Dengan perencanaan dan strategi yang efektif maka tidak perlu lama bereksperimen di pasar. Optimalkan strategi komunikasi dengan melakukan combining head & heart.

Event Organizer Programs
Dalam kegiatan bisnis, salah satu peran Event Organizer adalah menciptakan experience menyenangkan bagi konsumen, hal ini juga merupakan wujud dari aesthetic strategy. Dengan maraknya pemula yang ingin terjun di bisnis EO. Beberapa program pilihannya antara lain:

BASIC,
materinya lebih kepada pengetahuan kewirausahaan bidang EO secara umum, perencanaan bisnis, strategi penetrasi pasar, strategi branding, strategi mendapatkan klien, lobbying dan negosiasi. Dengan formulasi ini diharapkan para pemula tidak terlalu lama untuk dapat merebut pasar.

PRE-ADVANCE,
ada beberapa pilihan spesialisasi, yaitu: Exhibition, Convention, Corporate Event, Impressario, Social Event & Wedding, Outdor Event. Materinya lebih kepada Manajemen Proyek dan penguasaan tehnis di lapangan mulai dari Pre Event - Event - Post Event.

ADVANCE,
workshop khusus bagi yang telah mengikuti program Pre-Advance, pembahasan lebih detil dan bertaraf internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar