04 Maret 2009

Kriteria Web yang Baek

  1. Kecepatan download adalah "kriteria desain utama". Jadi jangan sampai user menjadi sangat amat lama mendownload hanya karena suatu simbol saja. Hindari penggunaan gambar/image yang tidak perlu. Jika image /gambar fungsinya bisa digantikan text, sebaiknya menggunakan text.
  2. Mekanisme "search" sangat perlu untuk site yang memiliki lebih dari 200 halaman.
  3. Struktur yang baik, serta navigasi yang mudah.
  4. Sebisa mungkin menghindari scrolling.
  5. Isi informasi adalah "raja". Artinya isi adalah lebih penting daripada tempelan seperti logo yang beranimasi, bahkan text yang scrolling bisa mengganggu user.
  6. Jadikan website Anda menjadi suatu kebutuhan informasi bagi pengakses, dan sebaiknya Anda perlu memikirkan penampilan pertama Anda.
  7. Usahakan desain website Anda standar agar bisa menjangkau netter luas. Apabila Anda mempunyai target audience tersendiri, maka Anda bisa menambahkan nilai lebih pada website Anda misalnya menggunakan technologi ActiveX, Shockwave, Java, dll. Selama ini banyak browser yang menampilkan suatu website dengan berbeda. Browser seperti halnya kacamata atau alat untuk melihat informasi, namun saat ini ada perbedaan standarisasi browser.
  8. Sebagai contoh Internet Explorer (IE) bisa menjalankan ActiveX namun browser lain belum tentu bisa. Teknologi lain kadangkala memerlukan plug-ins seperti shockwave. Kesimpulan akhir, Anda harus menentukan fungsi website dan target audience terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan teknologi baru browser yang rata-rata tidak standard. Jika website Anda benar-benar untuk kalangan umum, Anda harus memperhatikan kaedah standard seperti halnya www.yahoo.com , jika Anda mempunyai target Audience khusus dengan menggunakan peranti canggih , Anda bisa menambahkan tool tambahan seperti halnya www.shockwave.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar