04 Maret 2009

Kreativitas Adalah Hasil Keseimbangan Otak Kiri & Kanan

Memang proses kreatif dan usaha untuk mencari ide seringkali sulit dilakukan terutama bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia 'kreatif'. Sengaja saya beri tanda kutip pada kata kreatif karena seringkali istilah ini disalahartikan oleh berbagai kalangan.

Berbeda dari anggapan orang kebanyakan bahwa bidang kreatif hanya menyangkut masalah seni dan komunikasi pada kenyataan hampir semua bidang berkaitan dengan kreativitas. Jadi dengan demikian patahlah sudah aksioma bahwa bidang kreatif harus selalu bergantung pada otak kanan.

Salah satu temuan yang mendukung hal ini tentunya adalah 'grid system'. Sebuah sistem yang dikenal luas oleh semua pihak yang harus berkecimpung di bidang 'problem solving', mengutip sedikit isi buku grid dari rotovision yang berhasil mengungkap fakta adanya grid system nyaris di semua bidang dan bukunya Danton yang mengutip grid modulor dari Le Corbusier yang nota bene seorang arsitek multi talent. Maka grid sebagai system yang sistematis dan digunakan oleh designer pastilah harus dibuat dengan menggunakan otak kiri dimana logika dan perhitungan di kembangkan.

Nah sekarang inti dari pertanyaan adalah usaha apa yang harus ditempuh untuk menemukan ide...jawabannya hanya ada satu 'referensi', mengapa referensi? Saya jelaskan dengan sebuah contoh lagi... Seorang pengarang besar yaitu Pramudya Ananta Toer pernah menjelaskan kegeramannya waktu pustaka pribadinya disita dan di rusak oleh pemerintah Orba, alasan beliau cukup simple, untuk menulis beliau butuh pustaka, karena ide menulis tidak jatuh dari awang-awang melainkan dari banyak membaca....

Jelas kan korelasinya bahwa untuk punya banyak ide anda perlu banyak referensi...anda perlu banyak membaca, melihat, menonton, mendengar, mencatat, menganalisa, dst karena dari kegiatan itulah anda bisa mendapatkan banyak solusi untuk mengatasi sebuah problematika mendisain (ah keliatannya satu lagi bukti bahwa otak kiri yang bekerja), jadi mulailah melakukan kegiatan itu, tak perlu buku2 yang mahal karena toh problematika disain yang anda hadapi belum tentu punya jalan keluarnya di buku-buku disain yang lux, jika anda sudah meluangkan waktu 15-30 menit sehari untuk membaca koran umum saja maka anda sudah mampu mengenali gejala dan sebagian problem disain di masyarakat yang tentunya juga klien anda kan...?

Lalu di mana fungsi otak kanan? Ah tentunya saat anda hanya mendapat sedikit data dari klien sedang anda di tuntut memberi hasil yang maksimal, saat itulah otak anda bekerja berdasarkan intuisi dan pengalaman karena anda akan mencoba memberikan hasil disain sesuai harapan klien dengan kata lain 'mengisi celah kosong'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar