04 Maret 2009

Konsep, Strategi dan Proses Perancangan Grafis

KONSEP PROMOSI 5 W + 1 H
Konsep ‘What, Why, Who, Which, Where, How.’

1. Produk, Jasa dan pesan apa yang akan disampaikan
2. Apa saja jenis dan cakupan produk / jasa yang akan dipasarkan
3. Apa Keunggulannya dan bagaimana konsep pemasarannya
4. Siapa kompetitornya dan bagaimana mengalahkannya
5. Kepada siapa produk atau jasa tersebut diperuntukkan
6. Bagaimana cara pendekatan dengan konsumennya
7. Apa peluang dan target dari pemasarannya
8. Budaya apa yang diperlukan untuk menggali potensi pasar
9. Kebiasaan, pola dan cara masyarakat dalam membeli
10. Pendekatan komunikasi dan kreatif apa yang tepat untuk itu
11. Media apa yang tepat untuk mendekati masyarakatnya dan dimana biasanya konsumen mendapatkannya, dll.


STRATEGI
Strategi diperlukan dalam upaya proses menyampaikan pesan
secara efektif dan efisien. Cara yang biasa dipergunakan yaitu :

  1. Merancang Strategi Komunikasi, yaitu pemahaman produk atau jasa yang akan dikomunikasikan, memahami proses kerja perancangan dan produksi / pemasangan, menguasai pemasaran serta ketajaman sasaran, sehingga dapat disimpulkan bentuk pendekatan yang mudah dipahami dan komunikatif
  2. Menyusun Strategi Kreatif, yaitu untuk mengoptimalisasi dan memaksimalisasi, tata kerja pengumpulan data, analisa dan perumusan masalah, menyusun proses perancangan / kreatif dengan mempertimbangkan banyak aspek yang terkait, sehingga pesan dapat atraktif, kreatif, dan istimewa.
  3. Menguasai Strategi media, sehingga pesan dan gagasan dapat langsung mendekati sasaran melalui medium yang efektif serta mudah dipahami oleh sasaran / target audience.


PROSES PERANCANGAN
Proses perancangan selalu dimulai dengan penelitian yaitu:

  • Scanning, data collecting / pengumpulan data, sebagai bahan dasar untuk dianalisa. Data berupa data tertulis (verbal), dan data gambar (visual), atau data lainnya seperti suara (audio), data teraba (bentuk 3 dimensi) dan aroma atau rasa (kecap).
  • Formulasi, data dasar dianalisa untuk proses pemilahan, pengelompokkan (klasifikasi), lalu dirumuskan. Hasil rumusan tersebut merupakan bahan penyusunan :
- Konsep Umum, lebih ditekankan pada konsep komunikasinya
- Konsep Kreatif, lebih ditekankan pada konsep kreatifnya.
  • Implementasi, adalah perwujudan visual (visualisasi) kreatif ke dalam media yang telah dipilih berdasar pada kesesuaian dengan visi, misi, maksud,tujuan, sasaran pesan agar efisien, efektif, komunikatif serta keindahannya. Pada proses implementasi ini diperlukan strategi serta pemikiran proses produksi media dan penerapan pada media serta penyebarannya, serta pemasangan di lokasi yang tepat (strategis).
  • Biasanya dilakukan pretest (uji coba sebelum desain / media dikomunikasikan / diproduksi atau dipasang. Dan pada hakekatnya desain harus Atraktif, Kreatif dan Komunikatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar