04 Maret 2009

BOB MARLEY

The Journey:
Reggae jadi mendunia gara-gara satu orang yang bernama Bob Marley. Duta besar regage, gitu banyak orang ngasih label buat Bob Marley, cowok yang lahir pada 6 Februari 1945 di St. Ann's Parish dan besar di lingkungan miskin di Trenchtown, Jamaika. Dari tangan cowok blasteran ini lahirlah hits klasik seperti No Woman No Cry, I Shot the Sheriff, dan Waiting in Vain.

Karier profesional dimulai pas Bob masih remaja berusia 16an, bersama dua temannya, Bunny Livingston dan Peter McIntosh (Peter Tosh). Ia pertama kali rekaman pada tahun 1962, bersama The Teenagers atau yang juga dikenal sebagai The Wailing Rudeboys. Ia lalu membentuk band sendiri, The Wailers. Tahun 1966, setelah menikahi Rita Anderson, Bob pindah ke Amerika Serikat. Tapi kepindahan Bob ke Amerika Serikat nggak lama, karena nggak betah, Bob mutusin untuk pulang dan memilih untuk nyempurnain lagu yang ditulisnya. Tahun 1973 bareng Island Records, Bob ngerekam dan ngerilis Catch a Fire.

Album inilah yang menyebarkan demam Reggae ke seluruh dunia. Pada saat itu Bob mampu memberikan pilihan baru kepada penggemar rock, dalam reggae Bob Marley menghadirkan kepercayaan diri, pemberontakan, dan keadilan. Sampai tahun 1979, Bob jadi orang super sibuk karena turnya laku digelar di seluruh penjuru dunia dan juga di Madison Square Garden, venue yang waktu itu jadi barometer buat popularitas seorang artis kelas dunia.

Akhir Yang Tragis:
Saking sibuknya, Bob bahkan tak mempedulikan kanker yang ditemukan dalam pemeriksaan dokter di tahun 1977. Sayangnya karena ngga' diobati, tanggal 11 Mei 1981, Bob meninggal. Sekitar delapan bulan sebelumnya Bob pernah terjatuh di Central Park, New York, waktu lagi asik jogging. Tim dokter memastikan bahwa kanker yang mula-mula hanya ada di kaki sudah menjalar ke mana-mana, mulai dari ke otak, paru-paru, bahkan sampai ke liver.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar